Ferdinand (2017)



Ferdinand adalah film anak yang diangkat dari buku cerita berjudul “The Story of Ferdinand,”  buku yang sempat menjadi semacam bacaan wajib bagi anak-anak kala itu. Film ini mulai dibikin setelah pihak 20th Century Fox Animation mengantongi hak atas buku tersebut. Buku The Story of Ferdinand sendiri ditulis oleh Munro Leaf. Jauh sebelumnya yakni pada 1938, kisah dari buku ini pernah diangkat kelayar lebar, tapi hal itu tidak menyurutkan langkah Carlos Saldanha untuk tetap memproduksinya kembali, bersama John Powell, Saldhana menggandeng Blue Sky Studio untuk proses pembuatan film animasi 3D berjudul Ferdinand.


Meski ini adalah film teknologi 3D, tapi untuk pengisian suara karakter tokohnya, Saldhana sang sutradara mengaku tidak main-main, ia telah meminta banyak ahli dan proffesional dubbing suara untuk membantunya mengisi masing-masing karakter tokoh dalam film Ferdinand. Saldhana sadar betul bahwa kekuatan suara akan sangat mempengaruhi karakter tokoh pemeran Ferdinand, karena dengan hanya mendengar suara tokoh saja, orang-prang akan dapat langsung membayangkan apa dan bagaimana tokoh ini. Akhirnya diputuskan untuk pengisian suara, Saldhana telah memilih Gabriel Iglesias untuk mengisis suara tokoh bernama Cuatro. Beberapa karakter lainnya diisi oleh orang-orang yang telah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi, diantaranya adalah untuk tokoh si Ferdinand The Bull, dipercayakan kepada John Ceta, Lupe si Kambing Tua pada Kate Mc Minon, Una, si Landak dipercayakan pada Gina Rodriguez, Landak bernama Dos suaranya dipercayakan kepada Daveed Digs, sementara tokoh Banteng bernama Valliete suaranya dipegang Bobby Cannavale, Banteng bernama Angus pada David Tennant, dan terakhir Banteng dengan nama Bones dipercayakan pada dubber bernama Andeerson.



Pada tanggal 19 September 2017, telah dirilis track lagu untuk film ini, berjudul The House, yang dibawakan oleh Nick Jones.


Pihak Disney mengatakan bahwa film Ferdinand ini sengaja dibuat berbeda dengan film animasi-animasi lain yang telah dibuat oelh Disney, karena Ferdinand ini adalah film anak-anak yang layak tonton untuk segala usia. Film Ferdinand diklaim memiliki muatan-muatan pesan moral kuat, yang disajikan dalam bentuk komedi lucu, sehingga diharapkan anak-anak atau siapapun yang telah menonton film ini akan lebih mudah untuk bisa menyerap pesan moral yang disampaikan. Patut diacungi jempol keberanian dari sang Sutrada John Sanhalda.

Seharusnya film ini tayang perdana pada 2016 tahun lalu, tapi entah karena sebab apa film Ferdinand akhirnya gagal tayang, dan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan, karena setelah penundaan tayang 2016 lalu, Ferdinand telah mengalami beberapa kali penundaan tayang. Baru pada 15 Desember 2017, Ferdinand telah resmi tayang. Penayangan perdana ini dimajukan beberapa hari dari rencana semual 18 Desember 2017. Mungkin pemajuan jadwal tayang ini adalah bagian dari strategi untuk mendahului penayangan perdana Star Wars Versi terbaru.


Berikut Sinopsis Film Ferdinand 2017

Film ini mengisahkan seekor Banteng yang hidup dinegeri Spanyol, bernama Ferdinand. Sebagaimana diketahui bahwa Spanyol dikenal sebagai negeri Matador, negeri yang memiliki tradisi unik bernama Matador, dimana seekor atau beberapa banteng buas dilepas dijalanan lalu orang-orang mencoba untuk merasakan kebuasan dan kebrutalan banteng. Jadi Banteng di Spanyol itu memang harus buas, jantan, dan brutal, nah masalahnya sebagai Banteng Spanyol, Ferdinand tidak memiliki semua karakter yang sudah jadi mainstream Spanyol soal banteng. Ferdinand justeru memiliki sifat-sifat yang bertolak belakang dengan semua itu. Ferdinand memiliki hati yang lembut, ia lebih suka kedamaian, ia anti kekerasan. Bahkan Ferdinand lebih suka mencium bunga liar direrumputan ketimbang melahapnya. Sampai akhirnya Ferdinandpun tak luput dari tradisi Matador, karena suatu bencana, ia terpaksa diturunkan di arena Matador, bathinnypun terguncang, sebagai Banteng Matador, ia harus buas, brutal menyerang siapa saja yang mendekat, dan mengejar dan membantai siapa saja yang ada didekatnya. Disinilah keseruan Film Ferdinand dimulai, ada banyak nilai-nilai moral yang bisa kita petik dari kisah seekor Banteng bernama Ferdinand. Untuk mengetahui lebih detail kelanjutannya,. silahkan tonton saja filmnya.


Komentar